GEBYAR RAMADHAN MEMUPUK PEMBIASAAN BERIBADAH SISWA MTsN 3 LEBAK

MTs Negeri 3 Lebak – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh barokah, segala kegiatan yang kita lakukan selama bulan suci Ramadhan akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Gebyar Ramadhan merupakan kegiatan madrasah yang diadakan dalam kurun waktu yang singkat. Gebyar Ramadhan diadakan dengan tujuan memberi ruang untuk peserta didik  agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan, dan bermanfaat. Selain itu untuk mematuhi surat edaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten tentang Penguatan Moderasi Beragama Pada Madrasah nomor 1523/Kw.28.02.01/PP.00/04/2021.

Kegiatan gebyar Ramadhan MTsN 3 lebak mewajibkan seluruh siswa terlibat dalam kegiatan ini termasuk siswa kelas IX. Untuk tempat kegiatan dilaksanakan di MTsN 3 lebak dengan pastinya mematuhi protocol Kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kegiatan Gebyar Ramadahan MTsN 3 Lebak di laksanakan selama 3 minggu dengan jadwal kelas VII masuk pada hari senin dan kamis, kelas VIII masuk pada hari Selasa dan Rabu dan untuk kelas IX masuk pada hari rabu dan sabtu.

Proses kegiatan Gebyar Ramadan berlangsung selama 3 minggu selama bulan Ramadhan dimulai pukul 08:00 s.d 09:30 WIB. Dengan rincian jadwal 08:00 s.d 8:15 pelaksanaan sholat Dhuha, 08:15 s.d 08:30 Tadarus Al-Quran, 08:30 s.d 09:00 Penyampaian Materi dan 09:00 s.d 09.30 hafalan Al-Qur’an atau Tahfidzul Qur’an.

Untuk mematuhi protocol Kesehatan panitia membagi setiap kelas dibagi menjadi tiga kelompok, memakai masker dan duduk dengan menjaga jarak. Untuk materi kegiatan Gebyar Ramadhan terdiri dari tujuh materi ajar yang telah disesuaikan dengan materi tentang Moderasi beragama.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa MTsN 3 Lebak bisa lebih memanfaatkan momentum yang baik ini dengan baik yaitu mengikuti seluruh kegiatan gebyar Ramadhan secara istikomah.

See also  OSIS MTSN 3 LEBAK MENGGALANG DONASI UNTUK BUMI PALESTINA