BLENDED LEARNING SOLUSI PEMBELAJARAN DI MTSN 3 LEBAK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Tidak terasa sudah satu tahun lebih pandemi Covid 19 telah melanda bumi pertiwi tercinta. Semua sektor yang berhubungan dengan pelayanan publik dianjurkan melayani pelanggan secara daring, termasuk sekolah-sekolah yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka beralih ke pembalajaran daring.  Hal ini sejalan  dengan  kebijakan  pemerintah  yang  mengharuskan  pembelajaran  dilakukan  secara daring bagi wilayah yang merupakan zona merah.

Bimbingan Pembelajaran (Luring)
Bimbingan Pembelajaran (Luring)

Oleh karena itu, guru harus mengetahui cara untuk menyampaikan materi dengan cara yang menarik dan harus mengetahui selukbeluk lokasi daerah peserta didik tinggal apakah daerahnya telah tercover oleh jaringan internet yang memadai atau sebaliknya, dalam proses pembalajaran daring apakah akan efektif apabila kita melihat dari permasalahan diatas dan apakah peserta didik juga memiliki kuota internet yang cukup. maka, untuk menanggulangi hal tersebut pembelajaran tidak dilakukan secara daring saja, melainkan harus dilakukan secara luring juga, agar para peserta didik yang tinggal di daerah yang belum tercover sinyal internet dengan baik tetap mendapatkan materi pelajaran.

Untuk menanggulangi hal diatas MTsN 3 Lebak menggunakan model blended learning dalam kegiatan belajar mengajar, Perpaduan online learning dan face to face learning dalam blended learning ditujukan untuk mengambil kelebihan yang dimiliki masing-masing model pembelajaran dari keduanya.  Pendampingan belajar peserta didik dari rumah secara blended learning yang kami lakukan adalah memberikan kursus atau les kepada siswa MTsN 3 Lebak dengan mengunjungi lokasi tempat Peserta didik yang akan belajar. Pada tahun pelajaran baru 2021/2022 kami membagi 6 zona pendampingan belajar yaitu Zona Kp. Kumpay, Kp. Sukasari, Kp. Cibatur, Kp. Purut, Kp. Malangnengah, dan Kp. Kaungngaluwuk.

Pada pelaksanaannya guru dipaksa untuk lebih kreatif dalam penyampaian materi, agar peserta didik tidak merasa jenuh ketika membaca dan memahami materi pelajaran. Selain pembelajaran luring, Pembelajaran dilakukan dengan cara daring melalui aplikasi whatsapp dan aplikasi berbasis web lainnya seperti google site, canva, Wordwall dan youtube.

See also  OSIS MTSN 3 LEBAK MENGGALANG DONASI UNTUK BUMI PALESTINA

Akhir kata pada kegiatan pembelajaran ini memiliki tujuan agar Peserta didik tetap bisa aktif belajar walaupun keadaan memaksa mereka untuk  belajar di luar madrasah. Dengan upaya ini, kami harap dapat mengurangi tingkat kehadiran Peserta didik yang rendah pada pembelajaran daring. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan jaringan sinyal internet di daerah tempat tinggal Peserta didik. 

Salam Semangat