Cara Install Rapor Digital Madrasah (RDM)

Aplikasi RDM ini dibuat & dikembangkan oleh Helpdesk (HD) secara sukarela buat Madrasah, dan dibutuhkan untuk mendukung acara Madrasah Digital pada Kementerian Agama, agar bisa menyediakan layanan yang cepat, sempurna dan akurat pada semua masyarakat madrasah.

Dalam rangka mewujudkan tata kelola madrasah yang efektif & efisien serta mendukung program digitalisasi madrasah, maka Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia mengembangkan Aplikasi Rapot Digital Madrasah (RDM).

Aplikasi RDM terintegrasi dengan EMIS & E-Learning Madrasah, Hal ini memudahkan Madrasah dalam menggunakan RDM dan mendukung kebijakan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama dalam mewujudkan layanan data pendidikan islam melalui data tunggal EMIS. 

Rapot Digital Madrasah (RDM) tadi diterapkan pada Madrasah Negeri & Swasta di semua Indonesia. Berkenaan menggunakan hal tersebut di atas, disampaikan hal-hal menjadi berikut : Aplikasi RDM diterapkan ke Madrasah seluruh Indonesia mulai semester ganjiltahun pelajaran 2021/2022 Bagi Madrasah yg telah ditunjuk menjadi loka ujicoba pelaksanaan RDM dapat menggunakan aplikasi RDM pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi segera melakukan pengenalan pada Kemenag Kabupaten/Kota dan Madrasah pada Wilayahnya Penggunaan Aplikasi RDM tidak dipungut porto Aplikasi RDM bisa di download melalui portal : https://rdm.kemenag.go.id/ Setiap madrasah akan menerima token aktivasi Aplikasi RDM dari HD Kanwil Kemenag Provinsi Jika madrasah mengalami hambatan dalam penggunaan RDM, dapat menghubungi Tim Teknis/HD pada Provinsi masing-masing dan berkonsultasi melalui hidangan “layanan konsultasi” pada portal RDM 

Kelebihan menurut Aplikasi RDM (Rapor Digital Madrasah)

 Salah satu orientasi pengembangan RDM adalah menciptakan aplikasi yang bisa menjadi bank Nilai bagi madrasah khususnya & Kementerian Agama pada umumnya.

Sistem Paket Dan SKS

Aplikasi RDM menyediakan fasilitas untuk sistem Penilaian menggunakan sistem Paket & SKS dalam satu aplikasi.

See also  Profil MTsN 3 Lebak

Akses Aplikasi RDM dibuat lebih fleksibel yang ialah pengguna bisa memilih sendiri Tahun Ajaran & Semester buat melakukan penilaian ataupun pemantauan data nilai.

Dengan dukungan versi Hosting, madrasah dibutuhkan sebagai lebih gampang mengelolah data nilai madrasah kapan pun dan dimanapun.

Dengan sistem online, di zaman era teknologi 4.0 menjadikan madrasah lebih gampang mengakses data-data berdasarkan system.

Dengan system online, diperlukan pelaksanaan ini mudah digunakan. Kedepannya pelaksanaan ini dibuat buat dukungan pelaksanaan buat perangkat mobile/smartphone

Tujuan Pengembangan RDMMewujudkan Madrasah Berbasis Digital menggunakan pemanfatan teknologi warta secara optimal.Efektifitas dan efisiensi pada pengelolaan evaluasi output belajar.Madrasah dapat memberi layanan data secara cepat, tepat dan seksama.

Unduh dengan tiga versi Aplikasi RDM

Pengembang menyiapkan 3 versi RDM yang bisa dipilih sinkron menggunakan kebutuhan masing-masing madrasah. 

3 Versi RDM

Aplikasi RDM ini tidak diperjual-belikan, Madrasah mampu menggunakan versi XAMPP & VDI secara gratis, akan tetapi bila ada madrasah yang mengonlinekan RDM menggunakan memakai jasa Hosting, maka yang diperjual-belikan merupakan hostingnya dan pihak pengembang nir memfasilitasi penyediaan Hosting buat RDM sehingga madrasah bisa menggunakan jasa pihak lain. 

1. Versi VDI

Versi ini kami siapkan buat teman-teman operator madrasah yg memakai Server Lokal buat mengakses Aplikasi RDM. Selain itu, versi ini juga kami siapkan menjadi loka backup data lokal buat mengamankan data RDM yg memakai versi hosting.Cara pemasangan VDI:Pastikan dikomputer anda sudah terinstall Virtual Box. Kami menyertakan file .vbox pada paket RAR yang anda download, jadi anda relatif extract file yg anda download, kemudian klik 2 kali file .vbox, maka settingan VDI RDM akan masuk ke virtual box anda.

2. Versi XAMPP/ Installer

See also  Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM)

Versi ini kami siapkan buat teman-teman operator madrasah tidak memiliki server yg cukup buat versi VDI. Versi ini bisa di install pada Windows dengan OS 64bit.

Silahkan download aplikasinya & jalankan pada PC anda yang memakai Window 64bit & tunggu sampai proses install terselesaikan. Tidak perlu menginstal XAMPP secara manual lantaran pada paket pelaksanaan terdapat XAMPP yg bisa jalan otomatis tanpa wajibmenjalankan pelaksanaan secara manual. Karena RDM XAMPP/Installer memakai sistem service yg otomatis jalan waktu PC/Server dihidupkan. Tinggal buka browser anda dan buka laman http://localhost:1203/

3. Versi Hosting/VPS

Versi ini kami siapkan buat sahabat-sahabat oprator madrasah yg memakai Hosting atau VPS sehingga para pengajar dapat mengakses rapor di mana saja. Selain itu, untuk versi Hosting, terdapat dua metode yang kami siapkan, yaitu full source & mini install. Untuk versi kecil install, sahabat-teman relatif download source yang cukup mini, & lalu upload dan extract ke folder hosting atau vps. Untuk panduannya bisa sahabat-sahabat lihat pada video tutorial. Sarat Hosting: PHP 7.2 Ioncube Loader php7.2.

Demikian informasi tentang Cara penggunaan Rapor Digital Madrasah (RDM), semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

bagi yang ingin mendownloadnya dapat mengklik link berikut